Selasa, 19 Oktober 2010

The Art of Enjoying Life – USIR BAD MOOD

Bad mood.. siapa yg tidak pernah merasakannya? Semua orang pasti pernah ngerasain bad mood. Sebabnya bisa macam-macam. Dari masalah dengan teman sebaya, keluarga, sampai masalah tugas-tugas rumah yang menumpuk. Bagaimana cara menghilangkan bad mood atau suasana hati yang tidak enak itu?? Cara-cara ini mungkin perlu diperhatikan.
1. ALIHKAN PIKIRAN
Saat sedang bad mood, coba alihkan pikiran dari hal yang membuat merasa bad mood. Penuhi pikiran dengan hal yang lain, khususnya yang menyenangkan. Misalnya, ingat dan bayangkan kejadian lucu yang pernah dialami bersama teman-teman. Atau juga bisa mengalihkan pikiran dengan melakukan kegiatan-kegiatan ringan seperti bersih-bersih rumah (minimal kamar sendiri), mengerjakan tugas sekolah atau nonton film. Tapi ingat tergantung dengan apa yang membuat bad mood. Kalau misalnya yang membuat bad mood itu ada hubungannya dengan tanggung jawab (misalnya guru/dosen member banyak tugas), ya boleh dilupakan sejenak, tapi jangan lupa untuk tetap mengerjakannya, karena itu memang tanggung jawab diri sendiri. Lain lagi kalau yg bikin bad mood itu adalah nasihat orang tua; lupakan masalah itu sejenak boleh-boleh saja, Cuma ingat pada akhirnya semua harus diambil sisi positifnya dari nasihat orang tua.
2. CURHAT (Curahan Hati)
Kalau punya sahabat atau saudara dekat, ceritalah dengan mereka soal apa yang membuat bad mood. Memendam masalah sendiri itu tidak baik buat jiwa. Kalau punya masalah sebaiknya cerita itu sama orang yang kamu kasihi dan percaya. Dijamin pasti akan merasakan much better! Saat sedang merasakan bad mood yang diperlukan adalah “tempat curhat”. Tempat curhat yang netral dan mau mendengarkan apa yang kita rasakan tanpa menghakimi.
3. MENULIS
Kalau merasa curhat kepada orang lain itu bukan tipe kita atau memang tidak ada yang bisa dijadikan tempat curhat, coba tulis apa yang buat kita jadi bad mood. Tulis apa yang dirasakan di buku harian atau bahkan di sebuah blog (semacam buku harian elektronik). Dua-duanya baik, tapi kalau bisa, pilihlah untuk menuliskan perasaan kita di blog. Sekarang sudah banyak provider blog gratis dimana kita bisa bebas membangun dan mengkreasikan blog sesuai keinginan sendiri. Tapi ingat, karena blog terbuka untuk umum, berhati-hatilah menulis, jangan sampai curhatan kita jadi masalah. Tulisan curhatan di blog bisa mengundang orang lain untuk berkomentar, dan jelas, komentar dari orang ketiga ini bisa juga bantu mengusir bad mood.
4. MENDENGARKAN MUSIK
Banyak orang bilang mendengarkan muski itu bisa jadi cara yang efektif untuk rileks. Musik dipercaya memunculkan reaksi psikologis yang bisa mengubah suasana hati dan kondisi emosi, sehingga music bermanfaat sebagai relaksasi yang bisa menghilangkan stress, rasa cemas, dan memperbaiki mood. Mendengarkan music-musik favorit akan bikin saraf yang tegang jadi renggang dan hal ini akan membantu perasaan rileks. Alunan nada yang menyejukkan telinga dan pikiran jelas akan membantu kita melihat segala sesuatu dengan lebih positif.
5. JALAN-JALAN
Cobalah jalan-jalan dengan teman-teman saat sedang bad mood. Kalau lagi bad mod dengan adik yang selalu jahilin kita misalnya, jangan dekat-dekat sama dia sejenak. Berada dekat dengan orang yang buat bad mood hanya akan membuat tambah bad mood. Jadi, cobalah cari suasana baru untuk sesaat agar pikiran bisa jadi lebih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar